[C++] Komentar pada Source Code C++


Dalam penulisan kode program, pasti akan banyak menuliskan sintaks-sintaks yang berisi perintah suatu program. Semakin panjang kode yang dibuat, semakin sulit untuk dimengerti oleh pengembang software lain. Untuk itulah diperlukan komentar. Komentar memang tidak akan ikut dikompilasi, tetapi sangat membantu ketika dalam proses maintenance suatu program. Alangkah baiknya setiap program yang dibuat ditambahkan dengan komentar juga.

Komentar Inline dengan //

Komentar ini diawali dengan tanda // dan teks dibelakang tanda tersebut akan dianggap sebagai komentar sampai dengan penggantian baris baru. Komentar jenis ini tidak dikenali pada C, hanya pada C++. Berikut ini adalah contoh penggunaan komentar inline.

// Komentar inline untuk satu baris
int i; // Mendeklarasikan variabel i sebagai integer

Perlu diperhatikan bahwa

// Komentar inline untuk
satu baris
int // Mendeklarasikan variabel i sebagai integer i;

Kode di atas akan memiliki kesalahan, sebab satu baris tidak dianggap sebagai komentar. Selain itu i; tidak dianggap sebagai identifier, melainkan dianggap sebagai sebuah komentar.

Komentar Blok dengan /*...*/

Komentar ini digunakan ketika ingin menuliskan yang komentar dalam bentuk blok. Komentar blok diawali dengan /* sampai ditemukan */ yang pertama.

/* Komentar blok bisa juga untuk satu baris */
int /* Mendeklarasikan variabel i sebagai integer */ i;
/* Komentar blok
   juga bisa
   menuliskan untuk lebih dari satu baris */

Perlu diperhatikan, tidak boleh melakukan nested komentar blok dalam komentar blok.

/* Tidak boleh melakukan /* nested komentar blok */ dalam komentar blok */

Hal ini menyebabkan, dalam komentar blok */ dianggap sebagai identifier, bukan sebagai komentar blok. Karena tanda */ telah ditemukan terlebih dahulu sebelum teks dalam komentar blok */.

One thought on “[C++] Komentar pada Source Code C++

Leave a comment